Kakanwil Kemenag Lampung Ajak ASN Teladani Sifat Rasulullah SAW

banner 468x60

SIGER.NEWS – Mari Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup instansi Kementerian Agama (Kemenag) Lampung untuk dapat meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Dr. H. Puji Raharjo, S.Ag, S.S, M.Hum dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1446 H/2024 M di Aula Saibatin, Rabu (18/9/2024).

banner 336x280

Puji Raharjo mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus lebih dari sekadar ritual tahunan. Menurutnya, acara tersebut harus dijadikan momentum untuk merefleksikan dan menerapkan nilai-nilai yang diajarkan Nabi Muhammad SAW dalam konteks kehidupan modern.

“Kita tidak hanya memperingati, tetapi juga harus mengingat dan meneladani sifat-sifat Rasulullah dalam sikap, perilaku, dan tindakan sehari-hari,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut pula, Puji Raharjo menekankan, pentingnya ASN Kemenag untuk menjadi solusi di tengah masyarakat, terutama dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

“Jika kita tidak bisa menjadi solusi, setidaknya jangan menjadi bagian dari masalah di tengah masyarakat,” terangnya.

Dalam acara tersebut diisi dengan ceramah agama oleh ustadz kembar KH. Nurhadi dan KH. Nurhuda. Dalam ceramahnya, mereka menyampaikan Surah Al-Fath Ayat 29, yang menggambarkan sifat para sahabat Nabi Muhammad SAW sebagai orang-orang yang kuat terhadap orang kafir namun penuh kasih sayang di antara mereka sendiri.

“Sifat-sifat mereka digambarkan seperti tanaman yang tumbuh subur dan kuat, mencerminkan pertumbuhan iman dan dedikasi mereka dalam menjalankan perintah Allah,” jelas KH. Nurhadi.

Selain itu, KH. Nurhadi juga mengutip Surah Al-Maidah Ayat 119, yang memerintahkan orang-orang beriman untuk bertakwa kepada Allah dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

“Kedua ayat ini mengandung pesan tentang pentingnya kualitas spiritual, keimanan yang teguh, dan kejujuran dalam berkomunikasi,” ungkap KH. Nurhuda.

Mengajak para peserta untuk bersedekah, KH. Nurhadi menegaskan, bahwa sedekah tidak hanya dilakukan pada hari Jum’at tetapi bisa dilakukan setiap saat, baik pagi maupun malam.

“Sedekah bisa berupa uang, makanan, pakaian, atau bahkan waktu dan tenaga. Yang terpenting adalah niat dan keikhlasan dalam melakukan amal untuk membantu sesama dan mendapatkan ridha Allah,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, KH. Nurhuda juga menekankan, pentingnya menghormati dan merawat orang tua. “Doa dan restu orang tua sangat diijabah oleh Allah SWT. Menghargai dan merawat orang tua merupakan bentuk pengabdian dan keberkahan dalam hidup serta cerminan akhlak mulia yang diajarkan Nabi Muhammad SAW,” tambahnya.

Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini dihadiri oleh pejabat dan seluruh ASN di lingkungan Kemenag Lampung, Kepala Kemenag Kota Bandar Lampung, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Lampung, Pimpinan Bank Syariah Indonesia Area Bandar Lampung, Kepala Imigrasi Kelas 1A Lampung, serta Ketua dan Pengurus DWP Kanwil Kemenag Provinsi Lampung dan Kota Bandar Lampung. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *