Kemendikbud Ristek Gelar Penguatan Karakter dan Tips Raih Beasiswa Bagi Siswa SMA/SMK Lampung

HEADLINE, PENDIDIKAN30 Dilihat
banner 468x60

SIGER.NEWS – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, memberikan penguatan karakter dan tips meraih beasiswa kuliah bagi pelajar SMA/SMK di Lampung, Jumat (13/9/2024).

Kegiatan digelar di SMKN 2 Bandar Lampung yang difasilitasi Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Lampung, bertujuan mengedukasi pelajar arti pentingnya pencegahan kekerasan dan memberikan informasi tentang beasiswa.

banner 336x280

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan, Tenaga Ahli Staf Khusus Mendikbudristek Bidang Komunikasi dan Media, Ainun Niswati; Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbudristek diwakili Ketua Tim Antitoleransi, Kosasih Abu Bakar; dan Kepala Pusat Layanan Pendidikan diwakili Penanggungjawab KIP Kuliah, Muni Ika.

Koordinator Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka, Rizal Maula, S.H, mengatakan memberikan penguatan karakter dan tips meraih beasiswa kuliah guna membekali pelajar di Lampung untuk mencetak generasi muda yang berdaya saing tinggi.

Provinsi Lampung sebagai daerah yang terus berkembang dengan memiliki sumber daya manusia berkualitas, katanya, menjadi salah satu sasaran pihaknya untuk memberikan keterampilan nonakademik yang esensial terhadap pelajar SMA/SMK.

“Seperti pada penguatan karakter, para pelajar akan tentang integritas, tanggung jawab, kepemimpinan, dan empati. Hal ini menjadi aspek krusial yang harus ditanamkan sejak dini pada pelajar untuk menghadapi berbagai dinamika dan tuntutan kehidupan di masa depan,” katanya.

Penguatan karakter pelajar menjadi fondasi utama menciptakan generasi muda tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki moralitas dan etika yang kuat. Selain itu, akses terhadap pendidikan tinggi juga menjadi faktor penting dalam menentukan masa depan pelajar.

“Termasuk memberikan informasi beasiswa kuliah kepada pelajar ini merupakan salah satu jalan yang dapat membuka peluang bagi pelajar di Lampung untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Lampung Dr. Drs, Sulpakar, M.M diwakili Ketua MKKS SMK Lampung Drs. Moh Edy Harjito, mengaku bangga Lampung menjadi salah satu daerah yang diberikan kesempatan Kemendikbudristek pada kegiatan penguatan karakter dan tips meraih beasiswa kuliah yang diikuti ratusan pelajar SMA/SMK.

Kegiatan yang dikemas melalui talk show, kata Kepala SMKN 2 Bandar Lampung ini, diharapkan mampu memberikan wawasan yang mendalam kepada peserta mengenai penguatan karakter pelajar dan beasiswa, agar peserta bisa memiliki karakter yang baik dan melihat peluang dalam mendapatkan bantuan biaya pendidikan.

“Dengan kolaborasi antara berbagai pihak, diharapkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman dapat tercipta, mendukung perkembangan peserta didik dan menciptakan generasi penerus yang lebih baik,” kata dia.

Kesempatan itu, ia juga mengapresiasi tim dari Kemendikbud Ristek yang telah memberikan materi sangat luar biasa mengenai tema tersebut kepada ratusan pelajar perwakilan SMA/SMK Ia berharap, para siswa telah mengikuti kegiatan menjadi agen moral dan diimbaskan pengetahuan yang diperoleh kepada sesama siswa di lingkungan sekolahnya masing-masing.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu kepala SMA/SMK negeri dan swasta se-Kota Bandar Lampung yang sudah berkenan mengirimkan perwakilan siswa untuk mengikuti kegiatan talk show penguatan karakter pelajar dan tips meraih beasiswa kuliah,” tutup dia. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *