Prodi TIP dan Farmasi Itera Gelar Kegiatan PKM Pemanfaatan Limbah Menjadi Produk Makanan Sehat di Desa Bandar Agung

banner 468x60

SIGER.NEWS – Tim dosen Institut Teknologi Sumatera (Itera) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertajuk Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang dan Kulit Nanas menjadi Produk Makanan dan Kesehatan, yang dilaksanakan di Desa Bandar Agung, Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah, Rabu (30/8/2024) lalu.

Kegiatan PKM ini turut dihadiri oleh Camat dan Kepala Desa Terusan Nunyai Desa Bandar Agung.

banner 336x280

Dimana, kegiatan yang digagas oleh Tim PKM Itera yang diketuai oleh Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP), Dr. Okta Amelia, S.TP.,M.Si mengatakan, untuk pelaksanaan kegiatan PKM ini turut melibatkan tim dosen dan mahasiswa dari Program Studi TIP dan Farmasi.

“Tujuan kegiatan ini agar dapat meningkatkan kreativitas dan potensi pengolahan limbah serta meningkatkan nilai tambah produk dan menanamkan jiwa kewirausahaan kepada para kelompok Wanita Tani (KWT) desa tersebut.

Lanjut Dr. Okta Amelia, dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini juga diberikan workshop pembuatan permen jelly dari kulit pisang dan hand sanitizer dari kulit nanas.

“Ya kita berikan Workshop cara pembuatan hand sanitizer dan permen jelly yang dibantu oleh mahasiswa Teknologi Industri Pertanian dan Farmasi,” terangnya.

Dr. Okta Amelia mengucapkan terimakasih kepada warga terusan Nunyai desa Bandar Agung Kabupaten Lampung Tengah yang sangat antusias dengan adanya kegiatan ini.

“Terimakasih kepada warga terusan Nunyai Bandar Agung Kabupaten Lampung Tengah yang telah menerima dengan baik diselenggarakannya kegiatan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Desa Terusan Nunyai desa Bandar Agung Kabupaten Lampung Tengah, Luberto Fabioca, S.E., M.M mengatakan, kegiatan PKM ini dapat melatih kreativitas dan menambah wawasan dalam memanfaatkan limbah dari hasil kulit pisang dan kulit nanas yang dapat berpotensi untuk menjadi wirausaha.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan melatih kreativitas warga khususnya kelompok wanita tani Desa Bandar Agung, Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah,” pungkasnya. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *