Riset Besar IIB Darmajaya Ungkap Cara Mengubah Lampung Jadi Destinasi Wisata Dunia, Ini Kuncinya!

HEADLINE, PENDIDIKAN97 Dilihat
banner 468x60

SIGER.NEWS – Diseminasi Hasil Penelitian Fundamental yang diselenggarakan Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya berlangsung di Hotel Emersia pada Jumat (30/8/2024). Acara ini mendapat dukungan penuh dari Mantan Kapolda Lampung, Irjen Pol (Purn) Dr. H. Ike Edwin, S.I.K., S.H., M.H., M.M., yang memberikan pandangan berharga mengenai pengembangan pariwisata berbasis budaya di Provinsi Lampung.

Penelitian berjudul “Sustainable Tourism Sebagai Upaya Pengembangan Wisata Budaya dan Kearifan Lokal di Provinsi Lampung” diketuai oleh Muhammad Saputra, S.E., M.M., dengan anggota tim Kurnia Fadila, S.E., M.Sc., Dr. Faurani I Santi Singagerda, S.E., M.Sc. dan Rico Elhando Badri SEI., ME. Penelitian ini didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemdikbudristek RI.

banner 336x280

Irjen Pol (Purn) Dr. H. Ike Edwin menekankan, Lampung memiliki dua budaya, yaitu Saibatin dan Pepadun, yang menjadi kekuatan unik dan membedakan Lampung dari provinsi lain. “Penting untuk memanfaatkan keunikan budaya lokal sebagai daya tarik wisata. Penelitian ini adalah wujud cinta kita kepada Lampung. Mari bersama-sama kita jaga budaya Lampung dan berjuang demi kebaikan bumi Lampung,” ujar dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Sementara, Sekretaris Yayasan Alfian Husin, Dr. Ir. H. Firmansyah YA., MBA., MSc, memberikan apresiasi terhadap penelitian ini, menekankan betapa pentingnya peran akademisi dalam pembangunan pariwisata Lampung. Menurutnya, dibutuhkan komitmen bersama untuk memajukan pariwisata yang tidak hanya menonjolkan aspek ekonomi tetapi juga melestarikan budaya dan kearifan lokal.

“Dengan dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak, Lampung diharapkan dapat menjadi destinasi wisata unggulan yang kaya akan nilai-nilai budaya dan potensi lokal, serta menawarkan pengalaman wisata yang autentik dan berkelanjutan,” terangnya.

Dalam presentasinya, Muhammad Saputra menjelaskan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan wisata budaya dan kearifan lokal di Provinsi Lampung dengan memanfaatkan masyarakat lokal sebagai pelaku dan pengelola objek wisata melalui pendekatan Community Based Tourism (CBT). Pihaknya telah mengidentifikasi faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk merancang model pengembangan wisata budaya dan kearifan lokal di Provinsi Lampung secara optimal dan berkelanjutan.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPD Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) Provinsi Lampung, Adi Susanto, serta perwakilan dari Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, serta tokoh adat Lampung dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Lampung.

Untuk pendaftaran mahasiswa baru dapat langsung mengunjungi laman pmb.darmajaya.ac.id. Atau dapat langsung menghubungi narahubung selama 24 jam 08117972244 atau 082306097566. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *