Cegah Penyebaran Penyakit Polio, Posyandu Gedong Meneng Laksanakan PIN Polio Tahap Dua

banner 468x60

SIGER.NEWS – Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu Kelurahan Gedong Meneng Kecamatan Rajabasa kota Bandar Lampung menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dilaksanakan pada Rabu (14/8/2024).

Menurut salah satu petugas kesehatan,
Bidan Fitriyana mengatakan, PIN Polio tahap kedua ini sangat penting untuk memberikan perlindungan tambahan bagi anak-anak dari virus polio.

banner 336x280

“Meskipun kasus polio belum ditemukan di Kecamatan Rajabasa, namun imunisasi massal ini tetap harus dilakukan sebagai langkah preventif,” ungkapnya.

Bidan Fitriyana menambahkan, virus polio diketahui dapat menyerang sistem saraf dan menyebabkan kelumpuhan. Gejala awal penyakit ini seringkali mirip dengan flu biasa, seperti demam, kelelahan dan sakit kepala.

Namun, jika tidak segera ditangani, virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan layu yang permanen.

“Oleh karena itu, sangat penting bagi para orang tua untuk membawa anak-anaknya mengikuti imunisasi polio,” terangnya.

Selain imunisasi polio, dalam kegiatan ini juga diberikan vitamin A dan obat cacing serta dilakukan pemeriksaan kesehatan ibu hamil.

Bidan Fitriyana menghimbau, kepada seluruh orang tua untuk berperan aktif dalam menjaga kesehatan anak-anaknya.

“Selain membawa anak ke posyandu untuk imunisasi, orang tua juga perlu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar, mencuci tangan dengan sabun, serta memberikan makanan dan minuman yang bergizi,” tandasnya. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *