Pj Ketua Tim PKK Secara Langsung Buka Kegiatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas GenRe 2024

banner 468x60

SIGER.NEWS – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Lampung, Maidawati Retnoningsih Samsudin membuka acara Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas GenRe (Generasi Berencana) Tahun 2024 bertempat di Ballroom Swiss-Belhotel Lampung, Sabtu (20/7/2024).

Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas GenRe (Generasi Berencana) Tahun 2024 ini mengusung tema ‘Berkolaborasi Dalam Aksi, Bersinergi Dalam Inklusi Terlibat Penuh Makna GenRe Lampung Cegah Stunting Untuk Indonesia’, dilaksanakan mulai dari 18 Juli 2024 hingga 20 Juli 2024 di Swiss-Belhotel Lampung dan diikuti 40 Finalis Duta GenRe.

banner 336x280

Pj Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Maidawati Retnoningsih dalam kesempatan tersebut menyampaikan, peran BKKBN sebagai aktor sentral dalam membangun ketahanan keluarga Indonesia secara utuh harus kembali digemakan di Provinsi Lampung.

“Selama lebih dari 50 tahun, BKKBN telah mengedukasi dan memandu masyarakat untuk memahami pentingnya kependudukan dan keluarga berencana beserta seluruh aspeknya, termasuk perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja,” ucapnya.

Sesuai Undang-undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Maidawati menjelaskan bahwa pemerintah dan daerah diamanatkan untuk menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, sehingga akan dihasilkan keluarga berkualitas yang kemudian akan melahirkan generasi yang lebih baik dan berkarakter.

Dalam upaya menciptakan generasi yang lebih baik dan berkarakter, Maidawati juga mengungkapkan, diperlukan adanya suatu gerakan revolusi mental yang dilaksanakan melalui internalisasi nilai-nilai esensial yang di mulai dari individu, keluarga, masyarakat dan institusional.

“Program Generasi Berencana atau yang disingkat GenRe adalah program bagi remaja dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi,” jelasnya.

Maidawati menjelaskan, pemilihan Duta GenRe Tingkat Provinsi Lampung ini bertujuan mencari figur motivator dari kalangan remaja.

“Dengan adanya Duta GenRe, sosialisasi dan promosi program GenRe dilingkungan remaja akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sehingga menjadi ramah remaja. Disamping itu, dilingkungan remaja secara umum, icon Duta GenRe dirasa memberi nilai lebih dalam sosialisasi dan promosi program GenRe,” lanjutnya.

Maidawati dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, ucapan selamat kepada para finalis.

“Kepada seluruh Finalis Pemilihan Duta GenRe Provinsi Lampung Tahun 2024, saya ucapkan selamat berjuang, selamat berikhtiar dan selamat melakukan yang terbaik. Kalian semua adalah pemenang, karena berhasil mengalahkan rasa takut kalian untuk maju berkompetisi dan tampil dengan percaya diri di panggung ini. Namun, perlu diingat, menjadi pemenang berarti ada beban moral dan tanggung jawab yang kalian emban kedepannya,” ucapnya.

Diakhir, Maidawati juga berpesan, kepada seluruh finalis untuk menjadi teladan yang baik, baik itu untuk teman sebaya maupun lingkungan sekitar.

“Jadilah teladan untuk sebaya dan lingkungan kalian, serta jadilah representatif dari Provinsi Lampung, demi Lampung Berjaya. Lakukan yang terbaik, bukan hanya untuk kalian, namun untuk Remaja Indonesia, karena setahun menjabat, seumur hidup menginspirasi,” tegasnya. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *