Sejarah, Pj Gubernur Lampung Pimpin Upacara HUT Ke-79 RI Pertama di Kota Baru

banner 468x60

SIGER.NEWS – Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia, di Kota Baru, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, Sabtu (17/8/2024).

Dalam amanatnya Samsudin mengatakan bahwa upacara peringatan kemerdekaan tahun ini memiliki makna yang sangat istimewa bagi masyarakat Lampung dan dicatat sebagai momen bersejarah, karena untuk pertama kalinya dilaksanakan upacara bendera pada Tanggal 17 Agustus 2024 di Kota Baru.

banner 336x280

“Kota Baru menjadi saksi dari rasa cinta dan penghormatan kita kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini, serta harapan untuk Lampung yang lebih Sejahtera, Maju, Merata dan Berkelanjutan (SMART),” ucapnya.

“Pada hari ini, 79 tahun yang lalu, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, menandai langkah awal perjalanan panjang bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan, mempertahankan kedaulatan, serta membangun negara yang maju, adil, makmur, dan sejahtera,” sambungnya.

Samsudin mengatakan bahwa Tema peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini, yaitu “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Tema tersebut menggambarkan Indonesia Baru yang bersiap tinggal landas menuju masa depan yang lebih gemilang.

“Tiga transisi penting sedang kita hadapi, yaitu menyongsong Ibu Kota baru, pergantian pemimpin, serta visi Indonesia Emas 2045. Transisi-transisi ini adalah momentum besar yang harus kita raih dengan semangat baru dan kesetaraan,” tuturnya.

Sai Bumi Rua Jurai, menurut Samsudin sebagai bagian dari Nusantara memiliki peran strategis dalam mewujudkan Indonesia maju. Dengan sumber daya alam yang melimpah, potensi ekonomi yang besar, dan keberagaman budaya yang kaya, Provinsi Lampung memiliki segala yang dibutuhkan untuk menjadi provinsi yang maju dan berdaya saing.

Pada kesempatan tersebut, Samsudin juga menyampaikan kembali apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Pidato kenegaraan, yakni untuk menggarisbawahi pembangunan yang telah dicapai selama 10 tahun terakhir, serta visi ke depan untuk Indonesia yang lebih sejahtera dan merata, seraya mengucapkan syukur atas keberhasilan pemerintah dalam membangun fondasi dan peradaban baru melalui pendekatan pembangunan yang Indonesiasentris.

Sejalan dengan arahan Presiden tersebut, Samsudin mengatakan bahwa Provinsi Lampung juga harus siap menyongsong masa depan dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai kompetensi teknologi digital, kreatif, unggul, dan berdaya saing serta memiliki kemampuan untuk berinovasi dan beradaptasi dengan teknologi terbaru dan perkembangan zaman.

“Ini adalah kunci untuk memastikan bahwa pembangunan yang telah dicapai selama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang merata bagi seluruh masyarakat,” ucapnya.

Menurut Samsudin, sejak Tahun 2010 lalu, Pemerintah Provinsi Lampung telah memulai langkah besar dalam membangun kawasan Kota Baru. Pembangunan ini bukan hanya merupakan proyek fisik semata, tetapi juga merupakan langkah strategis dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan jangka panjang bagi Provinsi Lampung.

“Kota Baru ini dirancang untuk menjadi pusat pertumbuhan yang akan memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian daerah kita. Dengan infrastruktur modern (smart city), fasilitas umum yang memadai, dan tata ruang yang terencana, Kota Baru diharapkan dapat menjadi pusat aktivitas ekonomi hijau (green economy) serta sosial yang memajukan kesejahteraan masyarakat Lampung. Untuk itu, saya mengajak semua elemen baik dari pemerintah, sektor swasta maupun masyarakat untuk bersama-sama mendukung agar pembangunan Kota Baru, dapat terwujud dengan sukses,” pungkasnya.

Upacara HUT tersebut diikuti oleh 8 Batalyon dari berbagai unsur, diantaranya yakni : Korsik, Kelompok Pama TNI/Polri, Polisi Militer, Pol PP, Basarnas, BPBD, PNS, Pemuda Panca Marga, FKPPI, KNPI, dan Pelajar.

Adapun Komandan Upacara yang bertugas pada upacara ini Mayor Inf Adi Ariyanto Lulusan Akademi Militer Tahun 2009 dengan Jabatan sehari-hari Wakil Komandan Batalyon 143/TRI Wira Eka Jaya. Adapun yang bertindak sebagai Komandan Paskibraka Letda Infantri Vigo Ulang Str. Han., Lulusan Akademi Militer Tahun 2021 dengan Jabatan sehari-hari Danton 2 Kipan A, Yonif 143/Tri Wira Eka Jaya.

Sementara itu Paskibraka pembawa baki Bendera Pusaka Merah Putih yakni Nadya Putri Lasay berasal dari SMA Negeri 1 Kota Metro, kemudian Paskibraka Pengerek Bendera Ziral Gibran Rayandra dari SMA IT Smart Insani Lampung Tengah, dan Paskibraka Pembentang Bendera M. Aezudana Pasha dari SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur.

Kegiatan juga diikuti secara antusias oleh masyarakat di sekitar Kota Baru, Pemprov Lampung juga menyediakan transportasi 6 unit Bus untuk masyarakat Lampung yang ingin menyaksikan upacara secara langsung.

Upacara ditutup dengan penampilan Akrobatik dari 3 pilot paralayang, acara kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan detik-detik proklamasi secara virtual dari Ibu Kota Nusantara di RSUD Bandar Negara Husada. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *