Wali Kota Eva Dwiana Dampingi Presiden Jokowi Resmikan SPAM Kota Bandar Lampung

HEADLINE77 Dilihat
banner 468x60

SIGER.NEWS – Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bandar Lampung, di Desa Relung Helok, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Senin (26/8/2024).

Wali Kota Eva Dwiana yang kesempatan hari itu mengenakan seragam warna khaki, tampak ceria karena Sistem Penyediaan Air Minum diresmikan langsung oleh orang nomor satu di Indonesia.

banner 336x280

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bandar Lampung dinyatakan diresmikan,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut presiden, penyediaan air minum di Kota Bandar Lampung merupakan salah satu proyek strategis nasional di Bandar Lampung yang sudah dikerjakan sejak 2020 lalu.

“Karena memang problem besar di seluruh kota di Indonesia adalah urusan air bersih terlebih untuk rumah tangga,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, pembangun SPAM dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp1,38 triliun skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), ini akan melayani 60 ribu rumah. “SPAM ini sangat besar sekali,” ujar dia.

Ia menilai, SPAM Kota Bandar Lampung airnya sangat bersih dengan inti air 0,278. Nilai itu, kata dia, bahkan lebih bagus dan bersih dari air kemasan.

“Standar Kementerian kesehatan inti air adalah 3, sedangkan air kemasan standarnya 0,8. Jadi air ini lebih bagus,” ujar dia.

Presiden Jokowi kesempatan itu juga menitipkan kepada Wali Kota Bandar Lampung sambungan rumah tangga betul-betul didorong, sehingga banyak rumah tangga memiliki sambungan dari SPAM.

Diketahui, peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti, turut didampingi Penjabat Gubernur Lampung, Bupati Lampung Selatan, Menteri Perdagangan, Menteri PUPR, dan undangan.

Sebelumnya pada pagi hari, Presiden Joko Widodo, telah meresmikan  Bendungan Margatiga, di Kabupaten Lampung Timur. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *