Kakanwil Kemenag Lampung: Alhamdulillah, Pelaksanaan Haji 2024 Berhasil Dengan Baik

banner 468x60

SIGER.NEWS – Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung melaksanakan kegiatan “Jagong Masalah Umrah dan Haji (Jamarah) 2024” yang dilaksanakan di Hotel Grand Sekuntum, Bandar Lampung, pada Rabu (2/10/2024).

Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Dr. H. Puji Raharjo, S.Ag, S.S, M.Hum dalam sambutannya mengatakan, ucapan rasa syukur atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024.

banner 336x280

“Alhamdulillah, pelaksanaan haji tahun 2024 berhasil dengan baik. Semua ini tentu berkat kerja sama kita semua, keluarga besar Kementerian Agama, baik di tingkat daerah maupun pusat,” ungkapnya.

Puji Raharjo menambahkan, pentingnya perlindungan kesehatan jamaah haji oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji Khusus dan Umrah (PPIU) yang berada di Provinsi Lampung.

“Saya berharap kepada semua PPIU di Lampung agar lebih mengutamakan perlindungan kesehatan jamaah. Jangan sampai ada jamaah yang terlantar di Arab Saudi, karena mereka adalah tanggung jawab kita bersama,” terangnya.

Puji Raharjo meminta, agar Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) memberikan laporan terkait jumlah jamaah yang sudah mendaftar dan diberangkatkan.

“Hal ini penting agar data jamaah tersusun dengan baik, mulai dari pendaftaran hingga kepulangan mereka ke tanah air,” terangnya.

Masih kata Puji Raharjo, dirinya menggarisbawahi dua hal penting yang harus menjadi fokus ke depan. Pertama, keselamatan jamaah haji selama berada di Arab Saudi harus menjadi prioritas utama.

Kedua, KBIHU diharapkan, mendukung program deteksi dini istitha’ah, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Bidang Haji untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jamaah jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

“Dengan deteksi dini ini, kita bisa mengantisipasi isu-isu kesehatan sehingga jamaah dapat beribadah dengan tenang dan tanpa masalah,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Haji Kemenag Lampung, Ansori, menjelaskan bahwa kegiatan Jamarah merupakan salah satu program dari Bidang PHU yang diikuti oleh Kasi PHU dan Ketua KBIHU se-Provinsi Lampung, serta PPIU Kota Bandar Lampung. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari pada Rabu, 2 Oktober 2024 di Hotel Grand Sekuntum, Bandar Lampung.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antar instansi yang terkait dalam penyelenggaraan haji dan umrah, khususnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *