Kakanwil Kemenag Lampung Resmi Buka Diseminasi KMA No 450 Tahun 2024

banner 468x60

SIGER.NEWS – Sebanyak 150 kepala madrasah negeri dan swasta mengikuti kegiatan Diseminasi KMA No 450 Tahun 2024.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung ini guna memperkenalkan dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) No 450 Tahun 2024 di Kabupaten Pesawaran yang digelar di MAN 1 Pesawaran, Selasa (6/8/2024).

banner 336x280

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Lampung, Dr. H. Puji Raharjo, S.Ag, S.S, M.Hum mengatakan, KMA No 450 telah diluncurkan secara resmi oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI di Provinsi Lampung beberapa waktu yang lalu.

Puji Raharjo menegaskan, seluruh madrasah di Provinsi Lampung telah mulai menerapkan kurikulum ini pada tahun ajaran 2024/2025.

“Pentingnya kurikulum baru ini dalam menjawab empat tantangan utama di era modern, yaitu VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity),” ungkapnya.

Lanjut Puji Raharjo, VUCA menggambarkan perubahan mendadak dalam skala besar yang menciptakan ketidakpastian dan kompleksitas di berbagai bidang. Oleh karena itu, generasi muda harus dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi kehidupan yang semakin kompleks dan ambigu.

“Kita harus memberikan ruang kepada madrasah untuk mendesain kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Saya menekankan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi madrasah untuk menyesuaikan pendidikan dengan kebutuhan lokal,” jelasnya.

Masih kata Puji Raharjo, dirinya menyoroti dua kelemahan utama dalam sistem pendidikan saat ini, yaitu literasi dan numerasi. Menurutnya, peningkatan dua aspek ini menjadi kunci utama dalam mempersiapkan generasi mendatang untuk menghadapi dunia yang terus berubah.

“Dunia sedang berubah drastis, dan kita harus memastikan bahwa apa yang kita ajarkan relevan dengan kebutuhan peserta didik,” terangnya.

Puji Raharjo berharap, kegiatan diseminasi ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan madrasah di Kabupaten Pesawaran dan Provinsi Lampung secara keseluruhan, serta mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh, Kepala Kantor Kemenag Pesawaran, Farid Wajedi, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Lampung, Ahmad Rifai, Ketua Pokjawas Kemenag Provinsi Lampung, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Pesawaran dan Pokjawas Kemenag Pesawaran. (*/Harry)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *