Kakanwil Kemenag Lampung Hadiri Giat Sosialisasi Kebijakan Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah

banner 468x60

SIGER.NEWS – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI, yang digelar dari tanggal 2-3 Agustus 2024 di Hotel Novotel Bandar Lampung.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh, Direktur Urais dan Binsyar, Subdit Hisab Rukyat dan Syariah, Subdit Kemasjidan, Subdit Bina Paham Keagamaan Islam dan Penanganan Konflik, Subdit Kepustakaan Islam, Kabid Urais Kanwil Kemenag Lampung, dan Tim Penyelenggara kegiatan dari Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah.

banner 336x280

Peserta sosialisasi ini adalah Kepala Kemenag Kabupaten/Kota dan Kepala Seksi Bimas Islam se-provinsi Lampung serta Sumatera Selatan.

Kakanwil Kemenag Lampung, Dr. H. Puji Raharjo, S.Ag, S.S, M.Hum mengatakan, pentingnya pemahaman yang mendalam terhadap regulasi yang ada, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal urusan agama Islam.

“Sosialisasi ini penting agar tidak ada kesalahpahaman dalam penerapan kebijakan di lapangan,” ungkapnya.

“Dengan memahami kebijakan yang ada, kita dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tambahnya.

Sosialisasi Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan pengayaan literasi peraturan di lingkungan Bidang Urusan Agama Islam. Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat lebih memahami dan menerapkan kebijakan-kebijakan terbaru yang terkait dengan urusan agama Islam dan Pembinaan Syariah di daerah masing-masing.

Puji Raharjo menambahkan, kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam pemenuhan Kebutuhan masyarakat akan informasi keagamaan Islam yang kredibel, Materi keagamaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui literasi digital.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka keberadaan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) menjadi perhatian kementerian agama dan peranannya harus dimaksimalkan. Kementerian agama penting hadir di masjid, agar dapat melakukan deteksi dini konflik agama dan konflik sosial bernuansa keagamaan.

Puji Raharjo berharap, kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dapat berjalan lancar dan  dapat memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kualitas pelayanan Kemenag di seluruh Provinsi  Lampung dan Sumatera Selatan khususnya dalam bidang urusan agama Islam dan pembinaan syariah. (*/Harry)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *