SMKN 2 Bandar Lampung Buka PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

banner 468x60

SIGER.NEWS – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Bandar Lampung telah membuka satu jalur penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2024/2025 yang dibuka pada tanggal 19-24 Juni 2024.

Sebanyak 720 calon siswa baru akan diterima sekolah. Dimana, sejumlah calon siswa itu nantinya akan mengisi 21 rombongan belajar dari 12 jurusan yang tersedia. Dari 12 jurusan, 10 jurusan mengharuskan calon siswa tidak buta warna. Tujuannya, untuk menjamin siswa dapat menyelesaikan pendidikannya.

banner 336x280

Kepala SMKN 2 Bandar Lampung, Moh Edy Harjito mengatakan, 10 jurusan yang mengharuskan siswa tidak buta warna yaitu, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Desain Pemodelan, Teknik Geomatika, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan.

Selanjutnya, Edy Harjito menambahkan, yakni Teknik Sepeda Motor, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Audio Video, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Komputer dan Jaringan.

“Pentingnya hal itu agar siswa mampu mampu membedakan warna saat mengikuti proses pembelajaran. Kalau tidak, maka akan menggangu pembelajaran siswa itu sendiri nantinya,” ungkapnya.

Sementara dua jurusan yang membolehkan, sambungnya, yakni Teknik Konstruksi dan Perumahan, serta Teknik Pengelasan. “Untuk dua jurusan ini masih dibolehkan siswa mendaftar meski buta warna,” jelasnya.

Selain hal itu, penyeleksian calon siswa baru yakni berdasarkan nilai raport SMP semester 1-5. “Untuk tahun ini, nilai akhir juga di indeks berdasar nilai akreditasi sekolah. Kalau akreditasi A berarti mutlak, tidak ada indeks skoring dari hasil akreditasi,” terangnya.

Kemudian tahapan lainnya yaitu, berdasarkan tes minat dan bakat. Hal ini penting untuk memastikan calon siswa mendaftar di jurusan yang tepat.

“Meskipun pendaftarannya online, peserta harus datang ke sekolah yang dituju untuk tes wawancara. Ini penting agar sekolah mendapatkan informasi yang jelas bahwa anak yang daftar itu sesuai dengan minat dan bakatnya,” pungkasnya. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *