LPDG Kirim 59 Kontingen, Kakanwil Kemenag Lampung Komitmen Dukung dan Fasilitasi

banner 468x60

SIGER.NEWS – Ketua Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Provinsi Lampung, I Gede Budi Artana turut mendampingi Kepala Bidang Hindu Jumadi beserta jajaran, melakukan Audiensi ke Kakanwil Kemenag Lampung, Jumat (14/6/2024).

Audiensi yang diterima langsung oleh Dr. Puji Raharjo, S. Ag., S.S., M.Hum guna membahas telah dilaksanakannya Utsawa Dharma Gita (UDG) Provinsi Lampung pada awal April 2024 yang lalu serta rencana persiapan pengiriman kontingen Lampung pada Agenda Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional (UDGN yang akan dilaksanakan di Pura Mangkunegaran Surakarta Provinsi Jawa Tengah digelar dari tanggal 8-12 Juli 2024 mendatang diikuti sekitar 1700 orang se-Indonesia.

banner 336x280

Dr. Puji Raharjo, S. Ag., S.S., M.Hum menyambut baik maksud dan tujuan dari rombongan Pengurus Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Lampung hari ini “Saya berkomitmen untuk mendukung dan memfasilitasi kegiatan tersebut,” ungkapnya.

“Karena Utsawa Dharma Gita sendiri adalah festival keagamaan umat Hindu atau nyanyian suci keagamaan Hindu yang memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan pemahaman  dan merupakan salah satu metode pembinaan yang sering disebut Sad Dharma (dharma gita, dharma tula, dharma wacana, dharma yatra, dharma sadhana, dan dharma santi). Dharma gita sangat mendukung sekali terhadap pengembangan budaya yang digali dari Susatra Weda, khususnya untuk umat Hindu di Provinsi Lampung,” tambahnya.

Puji Raharjo berharap, kontingen Lampung dapat mengikuti berbagai cabang perlombaan serta mampu bersaing dengan kontingen dari provinsi lain dan pulang dengan membawa segudang prestasi demi nama baik Lampung khususnya Kementerian Agama.

“Saya berharap dari berbagai cabang perlombaan yang diikuti dari kontingen Lampung, bisa dan mampu bersaing dengan kontingen dari Provinsi lain dan bisa membawa nama baik Lampung dikancah Nasional  khususnya Kementerian Agama,” jelasnya.

Utsawa Dharma Gita yang rencananya dibuka oleh Menteri Agama ini sekaligus Launching Kitab suci Weda untuk penyandang disabilitas dan peresmian STAH (Sekolah Tinggi Agama Hindu) Jawa Dwipa Klaten Jawa Tengah, yang sebelumya pada acara pembukaan akan diisi dengan device dari masing masing provinsi dengan menampilkan ciri khas budaya di setiap provinsi.

Dan LPDG Provinsi Lampung akan mengirimkan 59 kontingen dengan rincian 51 peserta dan  8 official  dengan mengikuti delapan (8)  jenis perlombaan yaitu :1. Membaca Sloka, 2. Membaca Phalawakya, 3. Membaca kakawin, 4. Menghafal Sloka, 5. Nyanyian keagamaan hindu, 6. Dharma wacana bahasa Indonesia, 7. Dharma wacana bahasa Inggris, dan 8. Dharma wiwada (debat keagamaan hindu). (*/Harry)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *