Pendaftar Operasi Katarak Capai 78 Orang, Operasi WOW 19 Orang

banner 468x60
Ilustrasi

SIGER.NEWS – Pendaftaran operasi katarak mata dan kontrasepsi mantap pada wanita (MOW) gratis yang akan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah  (RSUD) A Dadi Tjokrodipo, dibuka pada 10-29 Juni 2024.

Meski pelaksanaan operasi baru akan dilakukan pada 4-5 Juli mendatang, namun pendaftar sudah cukup ramai. Berdasar informasi diperoleh sebanyak 78 orang sudah terdaftar untuk mengikuti operasi katarak yang dalam rangka HUT ke-342 Kota Bandar Lampung ini.

banner 336x280

“Sudah terdaftar 78 pendaftar untuk mengikuti operasi itu. Ini masih akan dibuka pendaftaran hingga akhir Juni nanti,” ungkap Pelaksana Tugas Direktur Umum RSUD A Dadi Tjokrodipo, Bandar Lampung, Teti Herawati, Jumat (14/6/2024).

Sebelumnya dilakukan operasi, lanjut dia, para pendaftar akan menjalani screening. Tujuannya yakni ingin mengetahui layak atau tidak untuk dilakukan operasi katarak.

“Screening akan dilakukan RS Tjokrodipo. Pelaksanaan itu sendiri akan dilakukan dokter spesialis mata mulai tanggal 11 Juni sampai akhir Juni,” jelasnya.

Menurut dia, pelaksanaan operasi per harinya mencapai 30-50 pasien.

Sementara untuk operasi MOW ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi calon pasien MOW. Tercatat sudah ada 19 pendaftar.

“Kriteria tentunya harus mendapat izin dari keluarga karena disteril harus ada persetujuan. Sudah lebih dari 25 tahun, tidak pernah operasi sesar, paling penting sudah mempunyai keturunan,” ujarnya.

Pelu diketahui, MOW atau tubektomi adalah  tindakan pengikatan dan pemotongan saluran telur agar sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *