Pemkot Gelar Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045

banner 468x60

SIGER NEWS – Pemerintah Kota Bandar Lampung melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Bandar Lampung 2025-2045, di Aula Semergou, Selasa (11/6/2024).

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, Musrenbang RPJPD ini merupakan proses perencanaan pembangunan partisipatif yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) di Kota Bandar Lampung.

banner 336x280

Hal ini, lanjutnya, untuk menyepakati visi, misi, dan arah kebijakan serta sasaran pokok pembangunan yang akan terlaksana pada 20 tahun ke depan.

“Perencana pembangunan daerah merupakan bagian integral dari perencanaan pembangunan nasional. Sehingga apa yang menjadi arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan daerah menjadi bagian integral dari arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan nasional,” katanya.

Dalam konsep Musrenbang RPJPD, pihaknya akan membawa konsep Bandar Lampung Berkelanjutan. Kota Bandar Lampung berkomitmen untuk terus menerapkan prinsip pembangunan yang berkelanjutan.

“Juga pertumbuhan ekonomi yang tinggi, seimbang dengan pembangunan sosial, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan serta tata kelola pemerintahan yang baik,” tuturnya.

Hal itu sejalan dengan visi yang termuat dalam RPJPN tahun 2025-2045, yaitu Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan.

“Visi ini menjadi acuan bagi seluruh provinsi, kabupaten dan kota dalam menetapkan visi daerah, termasuk visi dalam RPJPD Kota Bandar Lampung 2025-2045, yakni Kota Bandar Lampung Humanis, Maju dan Berkelanjutan,” ujarnya.

Eva Dwiana menjelaskan Bandar Lampung ke depan menjadi kota yang humanis yang terwujudkan dalam pergaulan hidup yang lebih baik. Serta memperjuangkan kehidupan masyarakat yang mengedepankan asas perikemanusiaan.

“Dan mementingkan kepentingan umat manusia tanpa membeda-bedakannya dalam lingkup NKRI,” kata wali kota perempuan pertama di kota berjuluk Tapis Berseri itu.

Ia berharap juga RPJPD melihat Bandar Lampung yang maju sebagai sentra penggerak ekonomi, jasa dan sosial di Pulau Sumatera. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *