Ini Kata Kakanwil Kemenag Lampung Saat Wisuda Tahfidz dan Pelepasan Siswa MIN 1 Lampung Selatan

banner 468x60

SIGER.NEWS – Tiga amalan yang pahalanya tidak akan berhenti meski telah meninggal dunia yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang saleh.

Hal ini diungkapkannya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Dr. Puji Raharjo, S. Ag., S.S., M.Hum saat memberikan sambutan pada wisuda Tahfidz dan Pelepasan Peserta Didik Kelas VI MIN 1 Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024, Selasa (11/6) di Gedung B Madrasah setempat.

banner 336x280

“Diriwayatkan oleh Imam Muslim Apabila anak adam (manusia) telah meninggal dunia, maka terputuslah amal darinya, kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah (sedekah yang pahalanya terus mengalir), ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang selalu mendoakannya. Tiga hal ini ada pada hari ini di MIN 1 Lampung Selatan. Bapak Nasir telah menghibahkan tanahnya untuk MIN 1 Lampung Selatan, ini adalah bentuk sedekah jariyah. Selama Madrasah  masih memberikan manfaat kepada para siswa dan masyarakat, pahalanya akan terus mengalir kepada Pak Nasir dan para donatur lainnya,” terang Puji Raharjo.

“Kedua, ilmu yang bermanfaat. Ilmu tersebut yang memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain, serta membawa kebaikan dan kemaslahatan. Salah satu contoh yang disebutkan adalah membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, yang akan memberikan kebaikan kepada kedua orang tua di akhirat nanti. Ketiga, doa anak yang saleh. Doa dari seorang anak yang shalih dan shaleha akan terus mengalir kebaikan dan manfaat bagi kedua orang tuanya,” ujarnya.

Ketiga, doa anak yang saleh. Doa dari seorang anak yang shalih dan shaleha akan terus mengalir kebaikan dan manfaat bagi kedua orang tuanya.

“Doa seorang anak akan terus mengalir kebaikan dan manfaat dan balasan kebaikan bagi kedua orang tua tatkala amal-amal lainnya telah terputus. Keridhaan Allah bergantung kepada keridhaan kedua orang tua dan murka Allah juga bergantung kepada murka kedua orang tua,” imbuhnya.

“Anak-anak yang saleh dan salehah, seperti kalian yang mendoakan kedua orang tua kalian, akan menjadi sumber pahala yang tidak berhenti. Doa kalian adalah harapan dan bekal terbaik bagi orang tua kalian di akhirat nanti,” jelasnya.

Puji Raharjo mengucapkan, selamat kepada anak-anak yang sudah selesai menghafal Alquran juz 30 dan Ia meminta peserta didik MIN 1 Lampung Selatan untuk melanjutkan hafalan Al-Qur’an itu bukan juz 30 aja ada 30 yang sanggup melanjutkan ke juz berikutnya.

“Program Tahfidz Al-Qur’an merupakan program Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung dimana kita mewajibkan seluruh Madrasah Negeri di Provinsi Lampung terdapat program tilawah dan tahfidz Quran sehingga anak-anak minimal yang pernah sekolah di Madrasah itu minimal hafal Juz 30 dan bisa jadi imam salat. Saya juga berharap agar peserta didik MIN 1 Lampung Selatan bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala MIN 1 Lampung Selatan, Rahmi Zulyana dalam laporannya menyampaikan, rangkaian kegiatan Wisuda Tahfidz dan Pelepasan Siswa Kelas VI MIN 1 Lampung Selatan Tahun Ajaran 2023/2024 merupakan puncak dari berbagai program pendidikan dan pembinaan yang telah dilaksanakan selama satu tahun ajaran penuh.

“Dalam kelulusan tahun ini, Alhamdulillah MIN 1 Lampung Selatan mencapai 100%. Dari 135 siswa yang lulus, 80 orang diantaranya mengikuti wisuda tahfidz,” ujarnya.

“Kami berharap para siswa menjadi anak-anak yang shaleh dan shaleha, melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi, dapat terus mengembangkan kemampuan mereka dan menjadi kebanggaan bagi keluarga, bangsa, negara serta masyarakat,” pungkasnya. (*/Harry)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *