Kakanwil Kemenag Lampung Laksanakan Pembinaan Pendidikan Keagamaan Hindu Widyalaya

banner 468x60

SIGER.NEWS – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung melalui Bidang Bimas Hindu melaksanakan Pembinaan Pendidikan Keagamaan Hindu Widyalaya, yang dilaksanakan di Aula Pepadun Kanwil Kemenag Lampung, Sabtu (8/06/24).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung, Dr. Puji Raharjo, S. Ag., S.S., M.Hum mengucapkan, selamat datang kepada Direktur Pendidikan Hindu.

banner 336x280

“Selamat datang di Bumi Ruwa Jurai kepada Direktur Pendidikan Hindu, Bapak Trimo, S.Pd.,M.Pd., semoga Lampung bisa menjadi salah satu tempat yang spesial” ujarnya.

Puji Raharjo menambahkan, dari komposisi umat beragama di Provinsi Lampung, Umat Hindu menempati posisi ke dua dari beberapa agama yang ada, (8,53 juta jiwa (96,05%) beragama Islam; 125,1 ribu jiwa (1,41%) beragama Hindu; 122,69 ribu jiwa (1,38%) beragama Kristen, dan ada 77,78 ribu jiwa (0,88%) beragama Katolik.

Dari data tersebut, masih kata Puji Raharjo, dapat disimpulkan, umat Hindu di Provinsi Lampung merupakan aset yang juga harus ditingkatkan kualitas SDM nya, tentunya melalui lembaga-lembaga pendidikan yang berkualitas sehingga mampu bersaing dengan umat-umat yang lain”, terangnya.

Selamat atas terbitnya PMA nomor 2 Tahun 2024, semoga Lembaga Pendidikan Keagamaan Hindu Widyalaya bisa segera bergegas mengejar ketertinggalannya untuk setara dengan Lembaga Pendidikan Keagamaan lainnya dan bersama-sama menciptakan anak-anak didik yang cerdas, berkarakter dan berakhlak mulia.

“Diera digitalisasi saat ini, media sosial kebenaran itu bukan siapa yang paling benar dan siapa yang ngomongnya paling kenceng, tapi sebagai petinggi Agama kita, harus andil di media sosial untuk menjelaskan sehingga wacana terkait apapun terutama kaitan Agama kehadiran para petinggi agama yang kompeten sangat diharapkan agar wacana tidak dikuasai oleh orang awam,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Hindu, Trimo, S.Pd,M.Pd dalam arahannya menyampaikan “Untuk memperkuat pendidikan keagamaan Hindu, agar Lampung ada satu sekolah widyalaya yang dinegerikan,  dengan harapan pendidikan Widyalaya ini nanti akan memperkuat ketrampilan sikap umat Hindu” paparnya.

Kabid Bimas Hindu, Jumadi dalam laporannya menyampaikan “Di provinsi Lampung ada 4 Lembaga Pendidikan Keagamaan Hindu yang telah beralih status dari pasraman formal menjadi Lembaga pendidikan Widyalaya, terdiri dari 3 Lembaga pendidikan Widyalaya tingkat Pratama yaitu: 1). Pratama Widyalaya Santi Adnyana Lampung Timur, 2). Pratama Widyalaya Adhitya Adhyapana Lampung Selatan, 3). Pratama Widyalaya Ganesha Tulang Bawang dan 1 Lembaga Pendidikan Widyalaya tingkat Adi yaitu Adi Widyalaya Santi Adnyana Lampung Timur,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh, Direktur Pendidikan Hindu beserta Tim, Kabid Bimas Hindu, dan Penyelenggara Hindu Kabupaten se-Provinsi Lampung, serta Kepala Lembaga Pendidikan Widyalaya se-Provinsi Lampung dan Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia Provinsi Jawa Tengah. (*/Harry)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *