Puji Raharjo Tekankan Pentingnya Istithaah Kesehatan Calon Jemaah Haji

banner 468x60

SIGER.NEWS (Bandar Lampung) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Dr. Puji Raharjo, S. Ag., S.S., M.Hum menegaskan, pentingnya istithaah kesehatan bagi calon jemaah haji dalam acara sosialisasi Nota Kesepahaman (MOU) tentang Kolaborasi Deteksi Dini Menuju Istithaah Kesehatan Jemaah Haji. Acara ini berlangsung di Ruang Pepadun Kanwil Kemenag Provinsi Lampung sebagai bagian dari upaya pemerintah memastikan kesehatan calon jemaah sebelum pelunasan biaya haji.

Dr. Puji Raharjo, S. Ag., S.S., M.Hum dalam sambutannya mengatakan, istithaah kesehatan merupakan syarat wajib bagi setiap calon jemaah haji.

banner 336x280

“Istithaah kesehatan bukan hanya prosedur administratif, tetapi langkah penting untuk memastikan setiap calon jemaah dalam kondisi fisik yang prima dan siap menjalankan ibadah haji dengan lancar dan khusyuk,” ungkapnya.

Puji Raharjo juga mengingatkan, pada penyelenggaraan haji tahun sebelumnya, angka kematian jemaah haji Indonesia cukup tinggi. Hal ini menjadi alasan kuat mengapa penerapan syarat istithaah kesehatan sangat diperlukan.

“Dengan adanya pemeriksaan kesehatan yang ketat sebelum pelunasan biaya haji, diharapkan dapat menekan angka kematian dan menjaga kesehatan jemaah selama menjalankan ibadah haji,” tambahnya.

Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para peserta mengenai pentingnya kesehatan jemaah haji. Dalam kesempatan tersebut, Puji Raharjo juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas II Panjang atas kerjasama yang terjalin. “Sinergi ini sangat penting dalam upaya memastikan kesehatan jemaah haji. Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi calon jemaah haji,” katanya.

Puji Raharjo menutup sambutannya dengan mengajak seluruh peserta untuk terus mensosialisasikan pentingnya istithaah kesehatan kepada calon jemaah haji di wilayah masing-masing.

“Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada calon jemaah haji, sehingga mereka dapat menunaikan ibadah haji dengan aman dan nyaman,” pungkasnya.

Acara ini merupakan bagian dari aksi perubahan Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Lampung Ansori dan dihadiri oleh Pimpinan BPJS Provinsi Lampung, Kasi PHU Kantor Kemenag Kota Bandar Lampung, Kasi PHU Kantor Kemenag Kab. Lampung Tengah, Koordinator MCU Calon Jemaah Haji RSD dr. A. Dadi Tjokrodipo, Kepala KUA Kecamatan Gedung Air, Kepala KUA Kecamatan Kedaton, Kepala Puskesmas Kecamatan Gedong Air, Kepala Puskesmas Kecamatan Kedaton, Ketua Forum KBIHU, Ketua AKHI Provinsi Lampung, Katim Bidang PHU Kanwil, Tim Efektif, dan para undangan. Diharapkan, sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapan calon jemaah haji dalam menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. (*/Harry)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *