Pemohon dan Termohon Ajukan Kesimpulan, Hakim: Putusan Prapid Sjahril Hamid Digelar Minggu Depan

banner 468x60

SIGER.NEWS (Bandar Lampung) – Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Karang Bandar Lampung Kembali menggelar sidang praperadilan (Prapid) dengan pemohon Sjahril Hamid dan termohon Polda Lampung, guna menyampaikan kesimpulan terkait perkara pemalsuan dokumen.

Sidang tersebut berlangsung di ruang soebekti/melati, Pengadilan Negeri Bandar Lampung pada Jum’at (31/5/2024).

banner 336x280

Usman Heru Purnomo selaku kuasa hukum Sjahril Hamid mengatakan, pada surat penetapan tersangka dan penahanan terkait pemalsuan tidak sesuai dengan pelimpahan yang telah diterima oleh Kejaksaan Negeri.

“Objek perkara yang diproses dan dilimpahkan tidak sesuai,” Ujarnya didalam persidangan.

Ia menyampaikan, terkait surat ahli waris yang dimiliki oleh Sjahril Hamid tidak dapat dikatakan palsu jika ada nya surat yang telah dikeluarkan oleh Negara melalui instansi terkait.

“Jika dianggap palsu, hal tersebut dapat terbantahkan dengan adanya surat ukur dari Negara,” ujarnya.

Lalu, pada proses pengajuan laporan antara Suhari Hamid dan Sjahril Hamid dipertanyakan akan tindak lanjut yang dilakukan oleh Polda Lampung.

“Pada gugatan praperadilan, kami mempertanyakan mengapa laporan pemohon pada Polda Lampung tidak di proses yang mana terlebih dahulu sebelum ada nya laporan dari pihak Suhari Hamid,” jelasnya.

Selain itu, surat hibah yang dibuat oleh pihak Suhari Hamid tidak mengikuti boedel waris yang ada.

“Pembuatan surat hibah tidak mengikuti boedel waris dan disetujui oleh lurah dan camat, proses nya kenapa seperti itu,” terangnya.

Usman berharap, Majelis Hakim dapat mempertimbangkan apa yang telah diajukan oleh penggugat dalam sidang praperadilan Sjahril Hamid.

“Kami memohon Hakim dapat menilai alat bukti yang kami ajukan,” harapnya.

Kemudian, Polda Lampung melalui Bidkum Polda Lampung menyampaikan, pada kesimpulan sidang praperadilan bahwa proses pada perkara pokok akan terus berjalan.

“Secara formil administrasi penyidikan mengikuti pedoman aturan hukum yang berlaku,” katanya.

“Berkas perkara sudah dilimpahkan ke kejaksaan dan akan masuk pada persidangan pokok,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hakim dalam sidang praperadilan tersebut akan dilanjutkan dengan sidang keputusan pada minggu depan. (Harry)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *