Walikota Bandar Lampung Buka MTQ ke 53 Tingkat Kota

banner 468x60

SIGER.NEWS (Bandar Lampung) – Wali Kota Bandar Lampung meresmikan dan membuka secara langsung Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-53 Tingkat Kota Bandar Lampung, di Stadion Mini Way Dadi Sukarame, Senin malam (27/5/2024).

MTQ digelar selama tiga hari hingga 30 Mei 2024 dengan diikuti 421 peserta perwakilan dari 20 kecamatan se-Bandar Lampung, diharapkan lebih meningkatkan pemahaman dan kecintaan umat Islam terhadap kitab suci Alquran.

banner 336x280

“Tentunya juga membangun hablum minannas dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Wali Kota Eva Dwiana saat memberikan kata sambutan pada opening ceremony MTQ ke-53 itu.

Menurutnya, MTQ ini juga merupakan momentum memperteguh ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama umat muslim), ukhuwah basyariyah (persaudaraan sesama umat manusia), dan ukhuwah wathanuiyah (persaudaraan ikatan kebangsaan).

“Dan juga untuk meningkatkan motivasi terhadap pemahaman isi kandungan dan nilai-nilai Alquran, memasyarakatkan syiar Islam, dan mempelajari Alquran di kalangan masyarakat,” kata Bunda Eva, sapaannya itu.

Tak hanya itu, MTQ ini akan menjadi sarana muhasabah (introspeksi diri sendiri apa yang telah diperbuat), serta muraqabah (bertakwa dimanapun berada), bagi semua umat muslim sesuai tuntunan Alquran dan hadis-Nya.

“MTQ ini bukan sekedar budaya seremonial saja, namun juga nuansa agama tetap ada. Oleh karena itu, ini menjadi penting dan strategi dalam menghadapi berbagai macam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” katanya.

Kesempatan itu, ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mensukseskan MTQ ke-53 tingkat Kota Bandar Lampung tahun 2024. “Kepada peserta saya ucapkan selamat berlomba, semoga diberikan kemudahan dan kelancaran,” kata dia.

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan sekaligus Camat Kedaton, Sapto Haryanto, mengatakan MTQ ke-53 tingkat Kota Bandar Lampung mengusung tema Mewujudkan Generasi Muda Kota Bandar Lampung Cinta Alquran.

Selain diikuti 421 peserta dan 65 orang dewan hakim, sambung dia, pada opening ceremony MTQ ke-53, juga diikuti 231 official, serta 4.254 pendamping dari 20 kecamatan se-Kota Bandar Lampung

“Ada sembilan mimbar yang telah dipersiapkan untuk peserta dari berbagai tangkai yang dilombakan, tersebar di masjid-masjid, pondok pesantren, SMP Al Azhar, dan tentunya di Stadion Mini Way Dadi ini,” ujarnya.

Selain berlomba, ia berharap MTQ ini dapat menumbuhkan kecintaan dan membudayakan umat Islam agar senantiasa untuk mempelajari dan memahami isi dari kandungan Alquran, sebagai petunjuk pedoman kehidupan.

Seperti diketahui, pada pembukaan MTQ tersebut juga diisi dengan paduan suara, marching band dari MAN 1 Bandar Lampung, Tari Gema Selawat dari Sanggar Tapis Berseri Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *