Kakanwil Kemenag Lampung Ajak Warga Berpartisipasi Dalam Pengukuran Sejuta Arah Kiblat

banner 468x60

SIGER.NEWS (Bandar Lampung) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Dr. Puji Raharjo, S. Ag., S.S., M.Hum mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pengukuran Sejuta Arah Kiblat, Senin (27/5/2024).

“Gerakan Hari Sejuta Kiblat ini memanfaatkan momentum Rashdul Qiblah atau Istiwa’ A’zham. Rashdul Qiblah atau Istiwa’ A’zham ketika posisi matahari tepat melintas di atas Ka’bah, yang berlangsung hari ini Senin, 27 Mei 2024, pukul 16.18 WIB,” ungkap Dr. Puji Raharjo, S. Ag., S.S., M.Hum.

banner 336x280

Puji Raharjo menghimbau, kepada umat Islam, khususnya di Lampung, untuk mengecek arah kiblat dengan adanya peristiwa Istiwa A’zam atau Rashdul Kiblat pada 27-28 Mei 2024.

“Biasanya untuk menentukan arah kiblat menggunakan handphone, kompas kiblat, atau yang paling rumit ilmu falak. Alat bantunya banyak, tapi alat paling sederhana ya peristiwa tahunan ini, matahari tepat berada di atas Ka’bah, Makkah,” jelasnya.

Lanjut Puji Raharjo, peristiwa astronomis ini berlangsung dua kali dalam satu tahun.

“Pukul 16.18 WIB nanti adalah saat yang tepat untuk mengecek posisi kiblat di masjid, rumah, dan kantor,” ujarnya.

Oleh karena itu, Puji Raharjo mengajak, umat Islam untuk berpartisipasi di Hari Sejuta Kiblat 27 Mei 2024.

“Kita ingin mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk peserta terbanyak dalam partisipasi pengukuran sejuta arah kiblat ini,” katanya.

“Alhamdulillah Lampung secara nasional, untuk sementara, pesertanya termasuk yang terbanyak setelah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Aceh,” pungkas Puji Raharjo.

Maka dari itu, Kemenag Lampung mengajak warga berpartisipasi di Pengukuran Sejuta Arah Kiblat dengan mengisi link https://s.id/harisejutakiblat. (*/Harry)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *